Politik

Cara Nasdem Kampanye

Juffrouw

16 Mar 2014 | 16:01

NASDEM BAGI-BAGI KAOS DAN DOORPRIZE,

“PILIH KAMI YA!!!”

Indonesia menghitung hari, pasalnya sekitar 22 hari yang akan datang masyarakat akan menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA). Banyak cara yang ditempuh oleh berbagai politisi untuk mengambil hati masyarakat agar menjatuhkan pilihan kepada partai yang menjadi kendaraan mereka di ajang PILKADA 2014.

Salah satunya dengan menggelar acara kebugaran jasmani, senam untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh partai NasDem di setiap hari Minggu. Menurut salah seorang warga, acara tersebut sudah rutin dilaksanakan setiap hari Minggu. Pada Minggu 16 Maret 2014, merupakan kegiatan yang kelima, acara selalu dimulai pada pukul 06.00 yang berlokasi di pertokoan Mall Daan Mogot, kelurahan Kalideres, Jakarta Barat. Tidak Cuma itu, para panitia dari partai yang diketuai oleh Surya Paloh ini juga membagikan kaos berwarna putih dan berlengan pendek biru gelap kepada warga yang mengikuti senam tersebut. Bagian depan kaos bergambar rotasi biru yang dibalut dengan warna jingga, dan angka satu (1) sebagai nomor urutnya, sedangkan bagian belakang bertuliskan nama kedua calon legislatif beserta nomor urutnya. Nomor dua (2) bagi Ulung Rusman sebagaicaleg DPR DKI III dan dan nomor delapan (8) untuk Abdul Aziz Muslim sebagai DPRD Jakarta Barat. Panitia dari partai bernorot urut satu (1) itu membagikan kupon doorprize yang bergambar kedua tokoh caleg tersebut.

Sewaktu instruktur olahraga memandu gerakan-gerakan senam, salah satu panitia memberi air mineral yang berisi 600 mililiter kepada masyarakat dan berseru, “ibu ibu jangan lupa pilih nomor delapan dan nomor dua”, tandasya.

Selesai berolahraga kedua calon DPR dan DPRD tersebut naik ke atas panggung memberi sambutan dan memperkenalkan diri masing-masing. Di sela-sela sambutan mereka memohon bantuan kepada warga agar menjatuhkan pilihan kepada mereka. Aam, panggilan pendek untuk Abdul Aziz Muslim, merupakan ketua Rukun Warga (RW) 012 di kelurahan Kalideres. Dalam sambutan tersebut Aam tidak canggung meminta bantuan kepada warga untuk memilihnya. Di depan puluhan warga Kalideres Aam berpantun, “empat tambah empat sama dengan delapan, sempat tidak sempat coblos nomor delapan”. Selain itu ia juga menghimbau para warga agar datang ke pemilu dan memilih Ulung Rusman, nomor dua.

Kemudian disusul oleh Ulung, pria kelahiran Jambi pada1976 silam yang telah sebelas tahun menjadi aktivis Tionghoa ini berujar, “kami adalah orang baru dari partai yang baru, doakan kami agar menang, dan pilihlah orang baru,” perintahnya. Setelah itu para caleg membagikan doorprize kepada masyarakat yang nomor kuponnya disebutkan. Masyarakat yang mendapat doorprize berteriak riang, dan merasa senang dengan hadiah tersebut.

Seperti yang diamati oleh penulis, kegiatan kebugaran jasmani ini menjadi peluang besar bagi partai NasDem untuk menggelar kampanye terselubung di pagi hari. Kita nantikan cara apalagi yang akan digunakan oleh partai-partai lainnya. Ada baiknya masyarakat mampu menilai para calon pemimpin pilihannya sebelum mencoblos. Sudahkah anda siap dan yakin atas para pemimpin yang menjadi pilihan Anda?

Dibaca : 70 kali

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.